Materi dan Tugas Fisika

Eksperimen dan Animasi

Tokoh Fisika

Download File

Admin Blog

Monday, March 9, 2009

Bermain di Bidang Miring


Cerita ini berawal ketika Sekolah RI Tokyo mengadakan acara studi lapangan ke Fuji ten di sekitar gunung Fuji. Siswa-siswa SMP dan SMA diminta untuk membuat tulisan tentang fenomena IPA yang terjadi disana, baik fisika, kimia dan biologi.
Untuk tulisan ini saya mengambil fenomena fisika yang terjadi di Fuji Ten. Coba kalian lihat foto di atas! Ada orang-orang yang bermain ski sedang meluncur dari atas. Sebelumnya mereka naik `sky lift` (semacam kereta gantung, tetapi terbuka)untuk menuju ke atas. Kenapa mereka ingin menuju ke atas? Itulah salah satu fenomena fisika yang akan diterangkan. Perhatikan gambar berikut :

Kalau kita lihat, bidang yang digunakan oleh pemain ski bisa dianggap sebagai bidang miring. Ketika seorang pemain ski berada pada bidang miring di ketinggian tertentu dia akan mendapatkan gaya sebesar berat orang tersebut dikalikan dengan sin dari sudut kemiringan bidang. Nah, ketika gaya tersebut lebih besat dari gaya gesek yang terjadi antara alas ski dan salju maka meluncurlah pemain ski tersebut dengan mendapatkan percepatan tertentu. Semakin lama kecepatan pemain ski tersebut semakin besar. Oleh karena itu, ketika pertama kali belajar bermain ski kita diberi pengetahuan bagaimana cara menge`rem` yang benar.
Wow sungguh senang belajar sambil bermain yaa.... Siswa-siswa pada semangat tuch bermain ski.....

No comments:

Post a Comment